Kamis, 20 April 2017

MERAWAT OPTIK MATA

Mata ( salah satu jenis optik ciptaan Allah Swt ) sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan fungsi mata kita bisa mengerti, mengetahui, melihat, dan masih banyak hal lagi. Sebab itu mata harus dirawat. Caranya antara lain :

JANGAN DEKAT


Janganlah terlalu dekat saat menonton televisi. Sebab bisa menderita mata minus saat kamu besar. Beri jarak dua meter untuk TV ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar, jaraknya lebih jauh. Berlaku juga bila bermain game, PS atau yang lainnya. Begitu pula ketika membaca buku, sebaiknya jarak mata dengan buku sejauh 30 Cm, penerangan harus cukup, dan jangan membaca sambil tidur. 

BERKEDIP

Ketika menonton sebaiknya istirahatkan matamu misalnya setiap 30 menit atau satu jam, berjalan-jalanlah selama 5 atau 10 menit. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip, dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan. Menonton, sebaiknya gunakan monitor LCD untuk PC-mu.

JANGAN GOSOK

Menggosok atau mengucek mata saat gatal jangan keras-keras. Matamu bisa teriritasi / luka.

POLUSI

Bila kamu sedang beraktifitas di luar rumah, hindari polusi / kotoran-kotoran di udara. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata infeksi, dan menjadi katarak. Sinar UV adalah salah satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak, dan menurunkan penglihatan akibat gangguan di pusat retina.

MAKANAN

Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin A ( membantu sel-sel penglihatan ), misalnya wortel, alpukat, tomat, pepaya, labu kuning. Jangan lupa sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, brokoli. Makanan tinggi kandungan Zinc seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas dapat melindungi mata dari kerusakan karena cahaya.

ANTI RACUN

Makanan antiracun / antioksidan misalnya berry, jeruk, ceri.

KONTAK LENSA

Jika kamu menggunakan kontak lensa, jaga kebersihannya.

RUTIN

Periksa matamu ke dokter secara rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar